Haul Bungah Ke-122; Edisi Spesial

| |

Qomaruddin.comTradisi mendoakan orang tua, para kiai dan sesepuh sudah menjadi tradisi yang mendekati wajib bagi kalangan masyarakat santri. Tradisi ini bisa berupa doa 7 hari, 40 hari, 100 hari, haul, atau hal lain semacam itu, seperti sedekah ke langgar, musholla, dan masjid. Pro-kontra terkait sampainya doa pada orang yang sudah meninggal dunia tidak pernah padam.

Yah, biarkan saja, anggap saja seperti rutinan tiap akhir tahun mengenai ucapan selamat natal. Budayawan, Cak Nun, pernah mengatakan bahwa jika doa yang dikirim ke mayit tidak sampai, pasti doa tersebut balik lagi ke si pengirim doa, sebagaimana paket kiriman pos yang akan kembali pada pengirimnya. Di samping itu, mendoakan orang tua dan guru termasuk bentuk bakti kita pada orang tua selain melanjutkan perjuangan mereka, sebisanya.

Haul Bungah adalah tradisi tahunan di desa Bungah yang menjadi hajatan se-kecamatan Bungah, khususnya desa Bungah sendiri, yang ditunggu-tunggu para santri, alumni dan muhibbin. Haul Bungah adalah rangkaian beberapa acara dalam rangka memperingat Haul Kiai Muhammad Sholih Tsani, pengasuh Pesantren Qomaruddin ke-5.

Terkait sejarah dan sisi lain Haul Bungah bisa dibaca di tulisan saya sebelumnya di web ini. Haul Bungah kali ini merupakan peringatan haul yang ke-122 yang diadakan pada tanggal 5-7 Januari 2021 M./22-24 Jumādā al-‘Ūlā 1442 H.. Khusus untuk tahun 2021, insyaallah akan diselenggarakan dua kali Haul Bungah, yakni pada bulan Januari dan Desember, edisi spesial, Lur.

Biasanya, karena sekarang sedang dalam kondisi tidak biasa, Haul Bungah merupakan ‘hari raya ketiga’ bagi masyarakat Bungah, karena keramaian dan suasana kegembiraannya. Tetapi demi menjaga keselamatan dan kesehatan bersama, para pengasuh dan pemerintah setempat memberlakukan kebijakan tertentu terkait penyelenggaraan Haul Bungah.

Dampak dari pandemi Covid-19 memang menyebabkan banyak pembatasan di berbagai kegiatan masyarakat, tidak terkecuali Haul Bungah. Kebijakan terbaru Haul Bungah ke-122 adalah tetap dilaksanakannya Haul, tetapi dalam ruang lingkup yang terbatas. Tenang saja, panitia Haul menyediakan link streaming yang difasilitasi oleh Tim Sosmed YPPQ di beberapa akun official-nya, antara lain:

  • (1) Facebook: Pondok Qomaruddin,
  • (2) YouTube: Pondok Qomaruddin,
  • (3) Instagram: @pondokqomaruddin, dan tentu saja
  • (4) website: www.qomaruddin.com tercinta kita.

Jadi, bagi para santri, alumni, dan muhibbin tidak usah memaksakan diri untuk hadir di edisi Haul Bungah ke-122. Cukup untuk kirim doa dan ikut live streaming di akun official Pesantren Qomaruddin. Sebenarnya kita semua juga menginginkan kondisi Haul sebagaimana pada tahun-tahun sebelumnya, tetapi keadaan masih memisahkan kita. Saya juga rindu, sama seperti kalian, sambil berdoa semoga pandemi ini segera berakhir dan kita bisa ngopi-ngopi lagi. Āmīn.

Latest posts by Agil Muhammad (see all)
Previous

Ngaji Burdah; Penghakiman Rindu

Spirit Baru IKBAL Qomaruddin Pusat Berjuang Perkuat Silaturahmi Alumni Yayasan

Next

Leave a Comment