Beberapa pemenang dalam Qur'an Fest Madrasah Tahfidz 2022 di Halaman SMA Assa'adah pada Minggu (11/12). Foto: QOM.

Ratusan Peserta se-Jatim Meriahkan Qur’an Fest Madrasah Tahfidz 2022

Qomaruddin.com — Ratusan peserta dari berbagai unit lembaga di Jawa Timur hadir meramaikan acara Qur’an Fest 2022 yang diselenggarakan Madrasah Tahfidz Qur’an Yayasan Pondok Pesantren Qomaruddin (YPP Qomaruddin) di halaman SMA Assa’adah pada Minggu (11/12/2022).

Lebih dari 600 peserta dari berbagai unit lembaga pendidikan di Jawa Timur ikut meramaikan berbagai kategori perlombaan; 44 Peserta MHQ dari internal YPP Qomaruddin, 64 Peserta MTQ SLTP dan SLTA, 64 Peserta MHQ TK A, 59 Peserta MHQ TK B, 104 Peserta MHQ MI/SD, 85 Peserta MHQ MTS/SMP, 63 Peserta MHQ MA/SMA/SMK dan Mewarnai Mamamia sebanyak 123 Peserta.

Lomba mewarnai Qur’an Fest Madrasah Tahfidz 2022 di Halaman SMA Assa’adah pada Minggu (11/12). Foto: QOM.

Qur’an Fest 2022 merupakan festival Alquran pertama yang diadakan di lingkungan YPP Qomaruddin. Iqbal Abadi Munawwir selaku Kepala Madrasah Tahfidz YPP Qomaruddin sekaligus ketua penyelenggara acara mengatakan tujuan diadakannya acara ini adalah untuk memacu semangat belajar generasi muda untuk membaca dan menghafal Alquran.

“Dengan begitu anak-anak kita dapat menjadi generasi Qur’an yang hebat dengan masa depan yang cemerlang,” kata Iqbal.

Iqbal juga menambahkan, acara Qur’an Fest 2022 Madrasah Tahfidz 2022 dilatarbelakangi oleh dorongan dari yayasan untuk lebih mengenalkan visi YPP Qomaruddin dalam keseriusannya mengembangkan pembelajaran Alquran.

Kepala Madrasah Tahfidz YPP Qomaruddin sekalikus Ketua Panitia Qur'an Fest, Iqbal Abadi Munawwir saat menyampaikan sambutan dalam pembukaan Qur'an Fest Madrasah Tahfidz 2022 di Halaman SMA Assa'adah pada Minggu (11/12). Foto: QOM.
Kepala Madrasah Tahfidz YPP Qomaruddin sekalikus Ketua Panitia Qur’an Fest, Iqbal Abadi Munawwir saat menyampaikan sambutan dalam pembukaan Qur’an Fest Madrasah Tahfidz 2022 di Halaman SMA Assa’adah pada Minggu (11/12). Foto: QOM.

“Setelah pandemi tidak ada kegiatan besar, jadi yayasan (YPP Qomaruddin, red) mengamanatkan kepada Madrasah Tahfidz untuk mengadakan sebuah kegiatan besar yang sekiranya juga dapat mengenalkan sekolah-sekolah yang ada di lingkungan YPP Qomaruddin,” tambah Iqbal.

Pada gilirannya Ketua YPP Qomaruddin, M. Nawawi mengatakan bahwa acara ini merupakan awal dari kegiatan festival Alquran di lingkungan YPP Qomaruddin yang bisa terus dikembangkan agar menjadi lebih baik.

“Tujuan dari Qur’an Fest 2022 ini untuk mendorong dan memotovasi anak-anak kita semua, supaya memiliki gairah yang kuat untuk mepelajari Alquran, khususnya membaca, menghafal dan mempelajari maknanya”, imbuh M. Nawawi.

Dengan adanya Quran Fest Madrasah Tahfidz, M. Nawawi menambahkan bahwa festival semacam ini dapat menjadi alat ukur dan mengevaluasi capaian-capain pembelajaran yang ada di Madrasah Tahfidz Qomaruddin.

Ketua YPP Qomaruddin, M. Nawawi saat menyampaikan sambutan dalam pembukaan Qur'an Fest Madrasah Tahfidz 2022 di Halaman SMA Assa'adah pada Minggu (11/12). Foto: QOM.
Ketua YPP Qomaruddin, M. Nawawi saat menyampaikan sambutan dalam pembukaan Qur’an Fest Madrasah Tahfidz 2022 di Halaman SMA Assa’adah pada Minggu (11/12). Foto: QOM.

“Ke depannya, kami berharap ada peningkatan ada peningkatan mutu pembelajaran dan capaian di bidang tahfidz quran, khususnya di lingkungan Pondok Qomaruddin. Semoga acara ini dapat menambah kebarokahan bagi kita semua,” kata M. Nawawi.

Berikut merupakan pemenang dari kategori MTQ SLTP. Juara 1 Mohammad Royyan Habibullah (PTQ Al-Maghfur Sekapuk); Juara 2 Zahra Aulia Putri (MTS Ihyaul Ulum Dukun); Juara 3 Yasid Firmansyah (MTS Ihyaul Ulum Dukun). Pemenang untuk katergori MTQ SLTA, Juara 1 Nadya Aqila Rifdah (PTQ Al-Maghfur Sekapuk); Juara 2 Wildan Alif Muhammad (MA Al-Ma’arif Singosari Malang); Juara 3 M. Yusuf Nidhom (MAN 1 Mojokerto).

Selengkapnya klik di sini.

Penulis: Kausar | Editor: Maghfur

About The Author

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top