Paparkan Prospek Kerja Lulusan Matematika, FST UNAIR Gelar Sosialisasi di Aula YPP Qomaruddin

Qomaruddin.com — Pada Kamis, 06 Oktober 2022, Prodi S1 Matematika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga (FST UNAIR) menyelenggarakan Kegiatan Sosialisasi dan Promosi Program Studi Matematika kepada siswa dan siswi SMA/MA/MAN/SMK Gresik di Aula Yayasan Pondok Pesantren Qomaruddin. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk mengenalkan sisi menarik dari Matematika sehingga dapat memotivasi lulusan SMA untuk berkuliah di Prodi Matematika UNAIR.

Sosialisasi tersebut dihadiri 161 peserta dari beberapa SMA , diantaranya SMA Assa’adah, MA Assa’adah, MAN 1 Gresik, SMK 1 Muhammadiyah Gresik, dan SMA Muhammadiyah 3 Gresik. Sosialisasi dibuka oleh Hj. Muslihah, M.Si., selaku Kepala Sekolah SMA ASSA’ADAH Bungah Gresik. Acara dilanjutkan dengan pemaparan sosialisasi dan promosi oleh Dr. Miswanto, M.Si., selaku ketua koordinator dan pemateri kegiatan promosi tersebut.

Dalam kesempatan ini, beliau memaparkan prospek kerja lulusan Prodi Matematika serta capaian-capaian Program Studi yang terwujud dalam berbagai program, baik melalui Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), kegiatan mahasiswa, maupun capaian alumni.

“Yang pertama, menunjukkan Visi dan Misi kita. “Mengenal sesuatu harus tahu dulu Visi dan Misinya.” Kedua diperkenalkan dosen-dosennya, kita juga sudah mempunyai seorang profesor yaitu Prof. Dr. Fatmawati, S.Si., M.Si.. Yang ketiga mengenalkan kegiatan-kegiatan yang ada diprodi matematika UNAIR. Oleh karena itu, perlu diadakan kegiatan sosialisasi ini. Supaya masyarakat tahu kalau prodi matematika ini sangat baik sekali. Kegiatannya juga sudah dikenal di seluruh dunia,” kata Dr. Miswanto, M.Si.

Lebih lanjut Dr. Miswanto, M.Si., menyampaikan kepada peserta yang hadir kenapa harus memilih Prodi Matematika di FST UNAIR. Sebab Prodi Matematika FST UNAIR telah terakreditasi UNGGUL oleh BAN-PT dan terakreditasi Internasional oleh ASIIN. Hal ini tidak lepas dari dukungan dan kerja keras tenaga pendidik yang sudah berpengalaman dalam bidangnya.

“Harapannya supaya diketahui oleh masyarakat sekitarnya. Ingin memperkenalkan lebih dekat khususnya Jatim dan seluruh masyarakat di sekitarnya. Kita juga punya banyak alumni termasuk dari SMA ASSA’ADAH dan sekarang sudah menjadi seorang dosen. Kita ingin memperluas dan memperkenalkan S1 matematika ini kepada masyarakat. Kita juga punya mahasiswa dari luar jawa, seperti dari Medan. Selama masih bisa meninjau lokasi, harapannya lebih banyak mahasiswa yang tertarik dengan prodi S1 matematika ini,” imbuh Dr. Miswanto, M.Si.

Sementara itu, salah satu peserta sosialisasi, Nur Amelia Fitri dari MA Ma’arif NU Assa’adah mengaku tertarik dengan acara tersebut karena ingin menambah ilmu dan pengalaman.

“Perasaan saya sangat senang karena banyak ilmu yang saya peroleh juga pengetahuan dan juga pengalaman,” katanya.

Kegiatan yang diselenggarakan secara interaktif dengan selingan ice breaking ini mendapat sambutan positif dari peserta. Terbukti dengan antusiasme peserta dalam mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir.

Universitas Airlangga mendapatkan Ranking QR WUR 2023, UNAIR Naik ke Peringkat 369 di dunia dan Ranking 4 di Indonesia. Sementara itu, Prodi Matematika FST UNAIR telah terakreditasi UNGGUL oleh BAN-PT dan terakreditasi Internasional oleh ASIIN (Accreditation In Engineering Computer Sciences Natural Sciences Mathematics).

Hadir dalam acara sosialisasi tersebut Ketua Koordinator kegiatan, Muhammadun, S.Si., M.Si., Dosen Departemen Matematika, Abdulloh Jaelani, S.Si., M.Si., Pembina Olimpiade, Muchammad Yusuf, S., S.Si, M.Si. dan beberapa dosen dari FST UNAIR lainnya.

Pewarta: Dwi/Imas/Sinta / Editor: Ipunk.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top