Haul KH Sholeh Tsani Ke-124, Ajang Silaturahmi dan Memetik Teladan

Qomaruddin.com — Bagi masyarakat Desa Bungah, KH Nawawi atau yang dikenal dengan KH Sholeh Tsani adalah sang pembaharu dan Kiai Agung. Jasa dan perjuangan beliau hingga kini masih terasa. Karena itu, ribuan orang selalu datang setiap tahun untuk memperingati haul KH Sholeh Tsani, tidak hanya dari Bungah, tapi juga dari luar kota. Selain sebagai ajang silaturahmi, acara Haul KH Sholeh Tsani juga menjadi ajang untuk mengambil telada dari perjuangan para kiai-kiai Sampurnan.

Pada peringatan Haul KH Sholeh Tsani ke-124, beberapa rangkaian kegiatan turut digelar. Di hari Selasa (13/12) bakda isya, digelar acara Lailatul Qoriah, dengan menghadirkan Qorik Internasional Muhammad Mas’ud Sahat.

Di hari Rabu (14/12), di pagi hari akan digelar Tadarrus Bil Ghoib, dimana akan ada banyak khataman Al Qur’an yang digelar di beberapa titik di sekitaran Pondok Qomaruddin. Di siang hari, pukul 13:00, akan diselenggarakan acara Halaqah Fikih Peradaban di Aula Yayasan. Halaqah Fikih Peradaban sendiri juga merupakan bagian dari rangkaian Harlah 1 Abad NU.

Kemudian di malam hari, bakda Maghrib, digelar Silaturahmi Nasional, dengan rangkaian acara Ijazah Kubro dan Soft Launching Buku Sejarah Qomaruddin.

Di hari Kamis (15/12), acara puncak Haul KH Sholeh Tsani ke-124 akan diisi dengan tahlil. Di pagi hari, tahlil putra. Lalu bakda Zuhur, tahlil putri. Ceramah agama tahlil putra akan disampaikan oleh Waketum PBNU KH. Zulfa Musthofa, dan ceramah tahlil putri akan disampaikan oleh Nyai Nurul Hidayati dari Pasuruan. Acara tahlil bertempat di Pondok Pesantren Qomaruddin.

Kemudian di malam hari akan diadakan Sholawat Ishari yang akan dihadiri sekitar 1500 peserta dari berbagai kota dan per rodad akan diiikuti sekitar 250 peserta di Langgar Agung.

Semua rangkaian acara tersebut dapat juga disaksikan secara live melalui kanal YouTube Pondok Qomaruddin.

Sementara itu, logo Haul KH Sholeh Tsani ke-124 yang diluncurkan sejak sebulan lalu terinspirasi dari janur kelapa. “Secara sederhana, logo ini terinspirasi dari daun kelapa atau janur mengingat ‘Bungah’ berasal dari kata ‘bongo’ yang berarti kelapa,” kata Qomaruddin Media di Instagram, bulan lalu.

Dalam wawancara yang dilakukan Qomaruddin Media, M. Nawawi selaku Ketua Yayasan Pondok Pesantren Qomaruddin mengatakan Haul KH Sholeh Tsani merupakan agenda tahunan yang rutin diadakan di Pondok Qomaruddin.

Koordinasi dengan semua steakholder mulai dari panitia, pemangku pondok, pengurus yayasan, pimpinan sekolah/madrasah, para guru, siswa serta para alumni diperlukan agar acara ini dapat terlaksana dengan baik, kata M. Nawawi.

“Acara ini merupakan agenda tahunan, tempat berkumpulnya keluarga besar Bani Qomaruddin, para alumni dan santri untuk bisa mengambil teladan perjuangan Mbah Sholih Tsani dan para muassis Pesantren Qomaruddin dalam perjuangan mengembangkan ajaran Islam Aswaja, khususnya di bidang pendidikan”, kata M. Nawawi.

Penulis: Kautsar | Editor: Ipunk

About The Author

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top