Spirit Baru IKBAL Qomaruddin Pusat Berjuang Perkuat Silaturahmi Alumni Yayasan

| |

Qomaruddin.comGresik – Sebagai bentuk penguatan silaturahmi antar alumni, Ikatan Keluarga Besar Alumni IKBAL Qomaruddin (Ikbal Qomaruddin) menggelar rapat Pra Rapat Kerja di kediaman Ketua Tanfidziyah Ikbal Qomaruddin, Muhammad Syamsud Dhuha (Gus Sam) pada hari Sabtu (6/3).

Dihadiri puluhan anggota baik daring via live Zoom maupun luring oleh puluhan anggota, rapat dikemas santai dan gayeng dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Katib Syuriah Ikbal Qomaruddin, AM Kholis Fathullah dalam sambutannya berharap ingin menjadikan Ikbal Qomaruddin bisa bermanfaat juga untuk masyarakat sekitar. “Jadi tidak hanya untuk kita [Alumni Qomaruddin] saja, melainkan juga setiap kegiatan kita harus berimbas positif kepada masyarakat sekitar,” ucapnya.

Pada gilirannya, Gus Sam juga menegaskan bahwa Ikbal Qomaruddin periode baru ini harus bangkit dan bergerak. “Jadi, kalau bisa Ikbal [Qomaruddin] harus bisa bangkit, punya tujuan bersama, bergerak bersama, menjadi wadah silaturahmi dan mewujudkan kesejahteraan alumni Qomaruddin dengan spirit baru. Tapi untuk itu, harus kita tata dulu bagaimana arah Ikbal [Qomaruddin] ke depan, dimulai dengan rapat pra-raker ini,” tegasnya.

Senada dengan AM Kholis Fathullah, Gus Sam menambahkan bahwa hasil rapat pra-raker tersebut akan dijadikan sebagai landasan untuk raker Ikbal Qomaruddin yang rencananya akan diselenggarakan dalam waktu dekat. Karena itu, selain sedikit membahas AD/ART, masing-masing departemen juga diminta untuk membuat rancangan program kerja departemen untuk ke depan.

Diskusi rapat pra-raker Ikbal Qomaruddin kali ini dipimpin oleh Wakil Ketua I, Muhajir. Sebagian Koordinator Departemen mengaku sudah menjalankan programnya.

Koordinator Departemen Ekonomi dan Pengembangan usaha, Sholahuddin mencatat penting menjalin kerjasama dengan alumni yang mempunyai usaha. “Tidak perlu yang besar-besar, UMKM saja kita bisa ajak kerjasama. Untuk kepentingan alumni, kita jangka panjang mungkin juga harus membuat semacam koperasi simpan-pinjam sendiri,” jelas Sholahuddin.

Kemudian, Koordinator Informasi dan Komunikasi, Moh Mufid Muwaffaq mencatat target utama departemennya adalah publikasi di setiap kegiatan Ikbal Qomaruddin. “Ada banyak sebenarnya, tapi yang paling penting adalah publikasi,” tegasnya.

Sementara itu, Koordinator Departemen Sosial dan Budaya, Muid Ridlwan menjelaskan 5 program kerja penting dari departemennya, yaitu: penerjemahan kitab-kitab muasis Qomaruddin, Rotibul Hadad, santunan, penyaluran tenaga kerja, dan program beasiswa alumni.

Meski demikian, para anggota sebagian besar mengaku masih ada yang belum kenal dengan anggota lainnya, bahkan dalam satu departemen. “Itu menjadi catatan kita bersama, serta sebisa mungkin mari kita rekatkan silaturahmi,” ucap Muhajir.

Setelah diskusi berakhir, AM Kholish Fathullah berpesan kepada para anggota untuk terus menguatkan silaturahmi dan tetap mandiri. “Harapannya, Ikbal Qomaruddin bisa besar sendiri dan mandiri,” pungkasnya.

Acara pra-raker kemudian ditutup dengan selawat khas Sampurnan, yakni Sallallah ala Thaha dan Li Khomsatun.

Previous

Haul Bungah Ke-122; Edisi Spesial

IKBAL Qomaruddin Surabaya-Sidoarjo Bergegas Gali Potensi Para Alumni

Next

Leave a Comment