Kuatkan Literasi Ratusan Guru, Unit SLTP se-YPP Qomaruddin Melangsungkan Workshop Jurnalistik

Qomaruddin.com — Dalam upaya menguatkan literasi para guru, sedikitnya 150 guru dari Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) di lingkukan Pondok Pesantren Qomaruddin (YPP Qomaruddin) yang terdiri dari MTs I, MTs II dan SMP Assa’adah, melangsungkan workshop jurnalistik di Aula YPP Qomaruddin pada Sabtu (20/8/2022).

Kepala Madrasah MTs. Assa’adah I, Choirul Anam mengatakan selain demi meningkatkan kualitas para guru, juga workshop tersebut sangat penting dilakukan terutama karena pemberlakuan Kurikulum Merdeka.

Ratusan guru YPP Qomaruddin mengikuti Workshop Jurnalistik di Aula Yayasan Pondok Pesantren Qomaruddin pada Sabtu, 20 Agustus 2022. Foto: Wahyu/QOM.

“Saya berharap dengan adanya workshop tersebut bisa menjadi wawasan bagi semua guru di sini. Apalagi dengan adanya pemberlakukan Kurikulum Merdeka, semua guru dituntut bisa menulis atau membikin laporan,” ujar Kepala MTs. Assaadah I, Choirul Anam.

Di samping itu, pelatihan tersebut membantu memudahkan cara menulis bagi para tenaga pengajar di lingkungan YPP Qomaruddin.

Workshop Jurnalistik tersebut menghadirkan langsung narasumber yang berkompeten dan berpengalaman, yaitu Pimpinan Posmonews.com, Zubairi Indro.

Para guru YPP Qomaruddin aktif mengikuti Workshop Jurnalistik dengan pemateri dari Pimpinan Posmonews.com, Zubairi Indrodi Aula Yayasan Pondok Pesantren Qomaruddin pada Sabtu, 20 Agustus 2022. Foto: Wahyu/QOM.

Kepala MTs. Assaadah II, Senadi Arif, juga mengharapkan dengan adanya workshop jurnalistik maka para guru akan mendapat ilmu baru terutama dalam hal kepenulisan.

Banyak materi yang diberikan dalam peltihan jurnalistik tersebut, diantaranya Dasar-dasar Jurnalistik, Cara Menulis Berita, Teknik Reportase, 10 Kriteria Penulisan Berita, dan Citizen Journalism.

Pada gilirannya, Kepala SMP. Assaadah, Nur Hamid juga mendorong agar pelatihn jurnalistik itu dapat dilakukan terhadap semua guru di lingkungan YPP Qomaruddin.

“Ilmu ini sangat bermanfaat sekali, saya berharap bisa menjadi pemucu semangat para guru untuk menulis dan mengisi web di sekolah masing-masing,” kata Nur Hamid.

Pewarta: Wahyu Ikhlasuddin / Editor: Ipung.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top