SMK Assa’adah Jadi Tuan Rumah Pelatihan Teknis Baja Ringan Siswa SMK Se-Gresik yang Digelar Oleh Rumah Vokasi

Qomaruddin.com – Bertempat di SMK Assa’adah, Rumah Vokasi Indonesia Kabupaten Gresik menggelar pelatihan teknis baja ringan kepada 60 siswa SMK se-Pantura di Kabupaten Gresik, Rabu (16/11/2022).

Pelatihan tersebut bekerjasama dengan Himpunan Aplikator Indonesia (HAPI).

Direktur Rumah Vokasi Indonesia Gresik Moch Choirul Rizal menyampaikan, pelatihan ini guna memberikan bekal teknis terkait dengan teknik baja ringan.

“Lebih spesifik untuk meningkatkan kompetensi siswa SMK se-Gresik di bidang kontruksi bangunan baja ringan,” kata Rizal, sebagaimana dikutip dari KlikJatim.com.

Rizal melanjutkan, siswa SMK kelas XII diberikan materi standar ukuran baja kanal C, standar jumlah baut per-titik buhul, metode pemotongan baja serta jenis jenis atap yang digunakan untuk baja.

Narasumber atau instruktur juga mengajarkan anak cara memahami gambar sebelum anak memotong baja, serta diajarkan cara memotong dan memasang baut.

Dalam penyampaian materi juga diselingi dengan beberapa anak mempraktekkan cara memotong baja kanal C menggunakan alat pemotong baja sehingga peserta pelatihan dalam mengikuti materi terlihat antusias.

“Setelah penyampaian materi, siswa diajak dan diarahkan untuk praktik teknis pemasangan atap dengan baja ringan,” imbuh Rizal.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMK Assa’adah Dra Sumiati menyampaikan terimakasih kepada HAPI dan Rumah Vokasi Indonesia yang telah menyelenggarakan kegiatan tersebut. Tentunya hal itu akan bermanfaat bagi siswa.

Menurut Sumiati, kegiatan pelatihan ini memiliki tujuan dan manfaat yaitu untuk meningkatkan ketrampilan peserta didik sesuai dengan perubahan dan perkembangan teknologi terkait pemasangan rangka atap material baja ringan.

“Sehingga dapat menambah wawasan peserta didik,” tuturnya.

Penulis: Abdul Aziz Qomar – klikjatim.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top