Ajang Silaturahmi dan Perkenalan Kampus, 25 Kampus Semarakkan Assa’adah Campus Expo 2023

Qomaruddin Media

Qomaruddin Media

Qomaruddin.com — Ikatan Keluarga Besar Alumni (IKBAL) Qomaruddin menggelar Assa’adah Campus Expo 2023 (ACE 2023) di Halaman Lapangan SMA Assa’adah. Hajatan tahunan itu digelar 2 hari, dimulai pada Sabtu 28 Januari 2023 hingga Minggu 29 Januari 2023.

Pada Sabtu (28/01) kemarin, diawali dengan presentasi berbagai universitas yang terdaftar untuk memberikan informasi mengenai universitas sampai kehidupan kampus, dan diakhiri dengan acara puncak yakni kunjungan stand-stand pameran pada masing-masing kampus.

Dihadiri oleh seluruh siswa kelas dua belas dari seluruh unit Yayasan Pondok Pesantren Qomaruddin (YPP Qomaruddin), yaitu MA Assa’adah, SMA Assa’adah, SMK Assa’adah, ACE 2023 diikuti 25 universitas dengan rincian 8 kampus swasta dan 17 kampus negeri.

Ketua Panitia ACE 2023, M. Syadidul Itqon mengatakan bahwa acara yang bertema “Dare Your Steps, Face Your Future” itu diharapkan agar anak-anak muda sekarang harus mampu membuat langkah yang tepat untuk mencapai tujuan mereka.

Ahmad Sugeng, salah satu Alumni SMA Assa’adah dari Mahasiswa Universitas Airlangga saat mengikuti Assa’adah Campus Expo 2023 (ACE 2023) di Halaman Lapangan SMA Assa’adah pada Sabtu 28 Januari 2023 hingga Minggu 29 Januari 2023. Foto: QOM.
M. Syadidul Itqon saat mengikuti Assa’adah Campus Expo 2023 (ACE 2023) di Halaman Lapangan SMA Assa’adah pada Sabtu 28 Januari 2023 hingga Minggu 29 Januari 2023. Foto: QOM.

“ACE juga diharapkan dapat membentuk karakter mereka dan menemukan cita-cita yang tepat bagi mereka (peserta yang menghadiri pameran),” tutur Itqon pada QOM.

Seperti pada pergelaran ACE di tahun-tahun sebelumnya, acara kali ini mendatangkan antusiasme yang besar, tidak hanya dari siswa kelas 12, namun juga para alumni dari masing-masing universitas. Terbukti dari banyaknya nama kampus yang hadir, serta dari berbagai daerah mulai dari Surabaya, Yogyakarta, Jakarta, hingga beberapa kota-kota lain di seluruh Indonesia.

“Yang paling penting di sini (ACE 2023) adalah adik-adik bisa mendapatkan informasi dari perguruan tinggi yang diinginkan. Alumni juga diharapkan agar dapat memberikan sesuatu yang berbeda, karena adik-adik ini sangat interest kepada kita” kata Ahmad Agung, salah satu Alumni SMA Assa’adah dari Mahasiswa Universitas Airlangga kepada QOM, Minggu (29/1).

M. Syadidul Itqon saat mengikuti Assa’adah Campus Expo 2023 (ACE 2023) di Halaman Lapangan SMA Assa’adah pada Sabtu 28 Januari 2023 hingga Minggu 29 Januari 2023. Foto: QOM.
Ahmad Agung, salah satu Alumni SMA Assa’adah sekaligus Mahasiswa Universitas Airlangga saat mengikuti Assa’adah Campus Expo 2023 (ACE 2023) di Halaman Lapangan SMA Assa’adah pada Sabtu 28 Januari 2023 hingga Minggu 29 Januari 2023. Foto: QOM.

Para alumni yang hadir pun tidak hanya mewakili salah satu kampus, namun ada juga yang membawa nama IKBAL dari koordinator daerah (korda) tertentu yang berisi berbagai perguruan tinggi.

Salah seorang korda IKBAL Jogja, Januar Aqmal Fahrezi mengatakan bahwa hajatan ACE merupakan wadah yang efektif untuk merekatkan tali silaturahmi.

“Kami memperkenalkan IKBAL dalam satu korda agar memberikan kesan yang guyub antar alumni dalam satu daerah, serta memperkenalkan informasi yang mendalam mengenai kehidupan di Jogja sendiri, tidak hanya kehidupan kampus, tetapi juga informasi aktivitas kemahasiswaan apa saja yang dapat dilakukan ketika berkuliah dan merantau di Jogja, sehingga adik-adik akan semakin tertarik dan terjamin untuk kuliah di Jogja meskipun jauh dari rumah,” kata Akmal.

Salah seorang korda IKBAL Jogja, Januar Aqmal Fahrezi saat mengikuti Assa’adah Campus Expo 2023 (ACE 2023) di Halaman Lapangan SMA Assa’adah pada Sabtu 28 Januari 2023 hingga Minggu 29 Januari 2023. Foto: QOM.
Salah seorang korda IKBAL Jogja, Januar Aqmal Fahrezi saat mengikuti Assa’adah Campus Expo 2023 (ACE 2023) di Halaman Lapangan SMA Assa’adah pada Sabtu 28 Januari 2023 hingga Minggu 29 Januari 2023. Foto: QOM.

Hadirnya para alumni yang terhimpun dalam IKBAL masing-masing universitas akan sangat membantu para calon mahasiswa yang sudah diterima agar memudahkan mereka dalam merampungkan prosedur pendaftaran dan administrasi yang telah diatur. Selain itu, pihaknya juga akan memberikan arahan dan saran mengenai tempat bermukim yang pas sesuai dengan keinginan calon mahasiswa.

Pada gilirannya, alumni MA 2020 dari UIN Sunan Ampel Surabaya, Fadllu Ainul Izzi mengatakan bahwa ACE 2023 sangat membantunya dalam mengenalkan IKBAL UIN Sunan Ampel kepada para calon mahasiswa.

Fadllu Ainul Izzi saat mengikuti Assa’adah Campus Expo 2023 (ACE 2023) di Halaman Lapangan SMA Assa’adah pada Sabtu 28 Januari 2023 hingga Minggu 29 Januari 2023. Foto: QOM.

“Karena hadirnya IKBAL akan sangat membantu bagi para adik-adik, dan kami akan dengan senang memberikan arahan, pencarian kos, pondok, atau tempat mukim lainnya, serta kesulitan apa yang dialami. Kami juga akan menghubungi tiap sekolah untuk meminta data siapa saja yang diterima di UINSA untuk memudahkan pendataan,” katanya.

Di mata para peserta, ACE 2023 juga mendapat tanggapan yang baik. Muzainiyatul Khosyi’iyah, siswi dari MA Ma’arif NU Assa’adah mengatakan bahwa acara ini akan sangat membantu khususnya bagi mereka yang bingung antara kuliah di Universitas Qomaruddin atau di luar.

Muzainiyatul Khosyi'iyah, siswi dari MA Ma’arif NU Assa’adah saat mengikuti Assa’adah Campus Expo 2023 (ACE 2023) di Halaman Lapangan SMA Assa’adah pada Sabtu 28 Januari 2023 hingga Minggu 29 Januari 2023. Foto: QOM.
Muzainiyatul Khosyi’iyah, siswi dari MA Ma’arif NU Assa’adah saat mengikuti Assa’adah Campus Expo 2023 (ACE 2023) di Halaman Lapangan SMA Assa’adah pada Sabtu 28 Januari 2023 hingga Minggu 29 Januari 2023. Foto: QOM.

“Acara ini menurut saya penting banget, khususnya bagi saya dan teman-teman yang lain yang ingin menentukan pilihan dan biar tidak salah dalam memilih jurusan. Serta solusi bagi mereka yang bimbang antara kuliah di sini (Universitas Qomaruddin) atau di luar,” katanya.

Menanti Expo Kerja IKBAL Qomaruddin

Pada gilirannya, Ketua IKBAL Qomaruddin, M. Syamsud Dluha, yang juga hadir pada kesempatan ini menyampaikan bahwa kegiatan ACE sejak awal merupakan acara yang lahir murni dari kesadaran para alumni kepada adik-adik tingkatnya agar mereka dapat memiliki orientasi akademik khususnya mengenai wawasan mengenai karir, jurusan, dan informasi lain-lain mengenai kampus.

“Acara ini sejak awal bermula dari sekelompok alumni SMA yang ingin agar adik-adik tingkatnya yang masih sekolah, khususnya kelas 12, agar memiliki orientasi akademik ke depan. Kemudian mereka berorganisasi dan membuat acara dengan menghadirkan kampus-kampus swasta hingga negeri, yang kemudian digelar secara serentak dari seluruh unit tingkat SLTA YPPQ,” jelasnya.

Ketua IKBAL Qomaruddin, M. Syamsud Dluha saat mengikuti Assa’adah Campus Expo 2023 (ACE 2023) di Halaman Lapangan SMA Assa’adah pada Sabtu 28 Januari 2023 hingga Minggu 29 Januari 2023. Foto: QOM.
Ketua IKBAL Qomaruddin, M. Syamsud Dluha saat mengikuti Assa’adah Campus Expo 2023 (ACE 2023) di Halaman Lapangan SMA Assa’adah pada Sabtu 28 Januari 2023 hingga Minggu 29 Januari 2023. Foto: QOM.

Syamsud juga menambahkan bahwa acara ACE pada awalnya berlangsung secara sederhana dengan sosialisasi kampus di kelas-kelas. Kemudian melalui berbagai evaluasi tiap tahun, ACE kemudian dibuat secara outdoor yang mewah dan menarik khalayak.

“Dari yang semula sedarhana, (sekitar) tahun 2012/13 karena antusiasme yang semakin besar, ACE kemudian digelar secara serentak dari seluruh unit SLTA YPPQ secara outdoor dengan tenda agar memberi kesan mewah dan menarik,” tambahnya.

Selain itu, acara ini juga mendapat support penuh dari  IKBAL Qomaruddin. Pendampingan juga dilakukan agar ACE dapat berkembang semakin tahun dan memiliki inovasi terbaru.

“Tentunya sebagai organisasi yang menaungi teman-teman alumni kita, IKBAL Qomaruddin dalam hal ini akan ikut membantu memberikan arahan bagaimana pengembangan kegiatan ini agar setiap tahun ada inovasi terbaru, sehingga tidak jenuh dan semakin menarik”.

Terakhir, Syamsud juga mengharapkan agar kedepannya IKBAL Qomaruddin dapat menggelar “expo kerja”, pameran dari perusahaan-perusahaan.

“Expo Kerja akan menjadi penting karena tidak semua santri Qomaruddin pada tahap karirnya ingin langsung kuliah atau melewati kuliah, ada dari mereka juga yang ingin berwirausaha atau langsung bekerja”, tambahnya.

Artikel Terkait

Leave a Comment